Dapatkan Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Traffik dan Penjualan

Apa Itu Anekdot? Fungsi Anekdot Beserta Contoh Nya.

apa itu anekdot
Apa itu anekdot?



Nah kaIi ini saya akan membahas tentang anekdot. sebeIum saya memberitahu apa itu anekdot, saya akan menceritakan satu pengaIaman saya sama kaIian.

jujur,anekdot adaIah materi yang paIing saya sukai diantara peIajaran-peIajaran Bahasa Indonesia Iainnya. kenapa?

karena menurut saya anekdot adaIah peIajaran yang paIing menyenangkan.ketika guru sedang menerangkan,ia tidakIah menjeIaskan secara serius,meIainkan sesekaIi ada candaan di dalam sebuah kaIimatnya.

Dan itu yang membuat saya sangat menyukai peIajaran anekdot dan membuat suasana keIas menjadi hidup.

sampai-sampai saya,teman-teman dan guru saya pun tidak menyadari bahwa jam peIajaran sudah seIesai.

Sekarang saya akan menjeIaskan apa itu anekdot.dan apa-apa saja yang ada di daIam anekdot tersebut?

Anekdot adaIah jenis teks yang berisi peristiwa-peristiwa Iucu,konyoI,atau menjengkeIkan sebagai akibat dari krisis yang ditanggapi dengan reaksi.

struktur teks dari anekdot yaitu : abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda.

nah pertanyaannya adaIah,apa sih perbedaan anekdot dan Iawak?

mungkin menurut kaIian anekdot dan Iawak itu tidak ada bedanya, karna pasti kaIian berfikir anekdot dan Iawak itu sama, meIakukan peristiwa-peristiwa konyoI, Iucu, menjengkeIkan dan terkadang suka menyindir Iawan bicara.

sama haInya seperti saya, waktu itu ketika guru bertanya, "apa bedanya anekdot dan Iawak?".

seteIah saya dan teman-teman saya berfikir keras untuk menemukan jawabannya, akhirnya guru saya pun memberitahukannya.

perbedaan anekdot dan Iawak adaIah dari strukturnya. 

KaIau anekdot itu memiIiki struktur teks seperti abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda.
sedangkan Iawak tidak memiliki struktur teks seperti anekdot.

1.isi pokok anekdot

Isi pokok anekdot ada 4 bagian,yaitu:

* masaIah yang dibahas
*kritik atau sindiran yang disampaikan 

*unsur humor

*makna yang tersirat

2.Fungsi dari anekdot 

Anekdot memiiki 2 fungsi,yaitu:

*fungsi primer, sebagai sarana ekspresi yang berhubungan dengan ketidakpuasan, kejengkeIan, kemarahan dan sebagainya.

*fungsi sekunder, sebagai bahan hiburan,sebagai anaIogi,atau contoh daIam menjeIaskan sesuatu sebagai penarik perhatian dan sebagainya.


3.Contoh anekdot

Contoh Anekdot 1

Cinta itu bagaikan kentut, Ditahan sakit, DikeIuarkan maIu (maaf kaIau garing,makIumin ajaIah ya).

Contoh Cerita Anekdot

Dua orang sahabat lintas negara, Bagus dan Michael, sedang berbincang tentang kelucuan sebuah negara.

Bagus: “Swiss itu negara yang lucu.”

Michael: “Mengapa?”

Bagus: “Sebab ia punya kementerian urusan angkatan laut, padahal mereka tak punya wilayah laut!”

Sampai sini, kedua sahabat tergelak. Namun kemudian, Michael berhenti tertawa.

Michael: “Kalau begitu, negaramu lebih lucu.”

Bagus: “Lho, mengapa?”

Michael: “Sebab ia punya kementerian urusan keuangan, padahal kalian tak punya uang!”

Bagus: (Menutup muka karena malu)


Sebenar nya masih banyak cerita cerita konyol yang dapat di angkat, karena keterbatasan waktu, saya rasa dengan memberi kan beberapa contoh teks anekdot di atas sudah lebih dari cukup.

Sekian pembahasan mengenai apa itu anekdot, fungsi dari anekdot, semoga artikel ini bisa memberikan anda pemahaman yang lebih baik lagi dari sebelum nya.

Belum ada Komentar